Category Archives: Coretan

CC a.k Corat Coret

Running and Compiling java in package from command line

Setelah lama ga sempet corat coret, kebetulan hari ini nemu kasus menarik yang bagus untuk dijadikan arsip…

Oke kali ini gue ngangkat judul “Running and Compiling java in package from command line

Kebiasaan menggunakan IDE ketika coding, membuat kita jadi manja. Ini juga yang terjadi ama gue, ketika mainan java yang menggunakan package ketika menggunakan IDE, baik pada saat compiling ataupun running ketika scriptnya “bener” bisa dipastikan output nampil dilayar..

Tapi gimana kalau manual, kita compiling dan running dari command line? silakan dicoba sendiri..

Perintah untuk compling file java, biasanya seperti ini :

javac nama_file.java

Jika bekerja hanya 1 file, ngga ada masalah.. tapi silakan coba jika bekerja dengan package, kita membuat beberapa file java yang berada dalam 1 package yang sama dan file java yang satu terkait dengan file java lainnya, misalnya ada object pada 1 file java yang berasal dari file java lainnya, ketika mengetikan perintah diatas bisa dipastikan muncul error “class atau object tidak ditemukan..”

Bagaimana solusinya ?

Silakan modifikasi perintah compile diatas sebagai berikut :

javac -d . nama_file.java

tambahkan paramater -d dan lokasi direktori/folder (dalam hal ini gue pake titik “.”), kemudian tekan enter. Pastikan semua file dicompile dengan teknik yang sama dengan perintah diatas …

Sekian semoga berhasil 😉

Scrollable layout in Android

Pernahkan membuat layout android dengan banyak elemen/item? Jika jawabannya iya, pasti akan ketemu dengan masalah ukuran layar yang tidak dapat menampilkan semua item tersebut. Solusinya gunakan ScrollView. Tapi yang harus diingat bahwa tag ScrollView hanya boleh langsung diisi dengan 1 item, sehingga didalam ScrollView, tempatkan dulu item layout seperti LinearLayout, baru kemudian letakan dalam LinearLayout item-item yang ingin ditampilkan.

Contoh :

<ScrollView
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”fill_parent”
>
<LinearLayout
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”fill_parent”
android:orientation=”vertical”
>
<TextView
android:text=”@string/text1″
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:textSize=”11sp”
/>
<TextView
android:text=”@string/text2″
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:textSize=”11sp”
/>
<TextView
android:text=”@string/text3″
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:textSize=”11sp”
/>
</LinearLayout>
</ScrollView>

Bisa juga, ScrollView diletakan didalam LinearLayout terlebih dahulu 😉

 

Menghapus folder autorun.inf dan con (generate dari SMADAV)

Pasti yang menggunakan AntiVirus SMADAV tidak asing lagi dengan folder autorun.inf dan con yang dibuat/digenerate oleh antivirus ini.

Mungkin suatu saat berkeinginan ingin menghapus folder autorun.inf dan con hasil generate dari SMADAV berbanggalah dengan anda yang menggunakan Operating System Linux (keluarga UNIX), karena dengan mudah bisa langsung menghapusnya. Berbeda dengan yang menggunakan Operating System Windows, karena nama “con” digunakan oleh system windows, sehingga apabila menghapus dengan cara biasa tentu akan gagal. Oleh karena itu berikut saya bagikan tips untuk menghapus folder autorun.inf dan con ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah seperti cara berikut ini :

rmdir \\.\I:\autorun.inf\con /S

misalnya akan menghapus folder con dari flashdisk dengan drive I.

Lalu bagaimana apabila ingin menghapus folder autorun.inf ? Caranya mirip tinggal menghapus bagian akhir, jadinya seperti berikut :

rmdir \\.\I:\autorun.inf /S

Contoh diatas jika akan menghapus folder autorun.inf dari flashdisk dengan drive I.

Apabila folder autorun.inf berada dalam folder lain, tinggal diganti drive I dengan lokasi dimana folder autorun.inf berada, contoh jika dalam format folder I:/folder 1/folder 2 :

rmdir “\\.\I:\folder 1\folder 2\autorun.inf” /S

Catatan : apabila nama folder mengandung spasi, gunakan tanda petik dua untuk mengapit alamat folder yang akan dihapus seperti contoh diatas.

Semoga tips menghapus folder autorun.inf dan con (generate dari SMADAV) ini bermanfaat bagi pembaca 😉

Error menjalankan Apache pada XAMPP – Error port 80 (Window 7 x64)

Banyak cara yang dapat dilakukan ketika error menjalankan Apache menggunakan XAMPP, salah satu cirinya busy port 80 …

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti port untuk menjalankan apache dari default 80 ke port lain, ex : 8008 (sebenarnya bebas, asal port tersebut belum dipakai oleh aplikasi lain)

Cara mengganti port, yaitu dengan mengedit file “httpd.conf”, cari aja lokasi file tersebut (di pc ane, …/xampp/apache/conf/). Cari tulisan “Listen” (pastiken yang diedit didepannya tidak ada tanda #). Ganti dari “Listen 80” menjadi “Listen 8008” (jika ingin mengganti ke port 8008. Cari lagi tulisan “ServerName”, yang awalnya “ServerName localhost:80” ganti menjadi “ServerName localhost:8008” (disamakan dengan port Listen).

Silakan coba untuk start Apache, kl masalah errornya karena konflik dari port yang sudah digunakan, seharusnya dengan cara diatas error tersebut bisa diatasi 😉

Jika yang muncul pada xampp-control masih port 80, padahal setting port pada file “httpd.conf” sudah diganti, berarti xampp-control masih terdapat bug, silakan gunakan versi xampp control panel ini. Xampp control panel tersebut mempunyai file “xampp_control3.ini”, silakan edit port yang akan digunakan untuk apache 🙂

Tetapi apabila masih error, mungkin ada hal lain yang perlu di “betul “, seperti apache gagal dalam meload librarynya, untuk mengeceknya coba gunakan command prompt (cmd) untuk menjalakankan “httpd.exe” yg ada pada folder ../apache/bin/, apabila httpd dapat dijalankan tanpa error, kemungkinan besar bisa jg dijalan dari xampp. Tetapi apabila ada error saat menjalankan httpd, harus diliat terlebih dahulu apa errornya, apabila gagal dalam meload library/modul, silakan hilangkan (beri komentar, tanda #) pada modul yang gagal diload tersebut 😉

semoga berguna 🙂